Finding Illustrators

FullSizeRender

Sebagai seorang editor buku anak, saya cukup sering bekerja sama dengan ilustrator. Bagian menyenangkan adalah ketika ilustrator mengirimkan hasil ilustrasi berdasarkan brief yang saya beri. Terkadang, ketika membuka surel dari mereka, saya memanggil editor-editor lain hanya untuk memamerkan betapa mengagumkannya ilustrasi yang mereka hasilkan.

Itu sebabnya saya tidak pernah sembarangan menentukan ilustrasi untuk buku-buku yang saya tangani. Ilustrasi adalah bagian jiwa dari sebuah buku anak, khususnya buku cerita bergambar (picture book). Karena tidak cukup hanya jalinan kisah dari penulis, ilustrasi di dalamnya juga ikut bercerita. Bukankah ketika sang ibu mendongengkan sebuah buku bagi anaknya, anak akan mengimajinasikan kisah dalam buku tersebut dengan cara mengolah gambar yang ia lihat dicampur dengan cerita yang ia dengar dari ibunya? Karena itu, bagi saya, nilai penulis dan ilustrator dalam sebuah picture book adalah sama.

Sekarang ini, ilustrator sangat banyak sekali dengan karya-karya dalam berbagai style. Tapi, mencari ilustrator dengan hasil karya yang menakjubkan tidak semudah itu. Mungkin standar saya yang terlalu tinggi. Ah, tapi tidak salah memiliki standar yang tinggi, bukan? :p. Dari sekian ilustrator yang pernah bekerja sama dengan saya, ada beberapa yang menurut saya selalu menghasilkan karya keren :D. Tiga di bawah ini adalah di antaranya.

1. Eugenia Gina
Mbak Gina, begitu saya memanggilnya, selalu menghasilkan karya yang super cute. Beberapa kali bekerja sama dengannya, tidak pernah ada yang mengecewakan. Mbak Gina super baik dan helpful selama masa kerja sama kami. Ilustrator ini telah menghiasi banyak sekali buku dengan karya ilustrasinya. Belakangan ini saya bahkan “ketinggalan kereta” ketika ingin mengajak kerja sama lagi, karena hari-hari mbak gina sedang dipenuhi pesanan ilustrasi. Kalau sudah kosong, jangan lupa hubungi saya, ya, mbak :D.

jpg kecil2

fairy 1

3 playin s

2. Niken Hartomo
Gambar-gambar Niken adalah perwujudan mimpi masa kanak-kanak. Sapuan warna-warnanya hingga gerak para karakter di dalamnya. Ketika menikmati sebuah gambar miliknya, saya bisa merasakan gambar tersebut bercerita sendiri. Sudah lama saya tidak bekerja sama dengannya. Saat ini Niken bertempat tinggal di Denmark.

tumblr_lch5vkQuEf1qb1f46o1_400

tumblr_lch58fBDFf1qb1f46o1_400

tumblr_l6iu4hq4pN1qb1f46o1_400

3. Pamela Suryadjaya
Sebenarnya saya belum pernah bekerja sama dengannya secara langsung. Pamela mengerjakan ilustrasi untuk buku yang sedang ditangani rekan saya. Saat melihat hasil yang ia kirimkan melalui surel, saya langsung jatuh cinta! Sayang, saat ini ia sedang fokus melanjutkan sekolahnya sehingga tidak menerima pesanan ilustrasi. Semoga sukses sekolahnya, Pamela! πŸ™‚

Ilustrasi_Nalapana Jataka_unteks__RGB

Rubrik Makan Ayahbunda

KELIR_April 2014_Kodok_Pamela Suryadjaya

Sesungguhnya tidak hanya mereka bertiga yang memiliki ilustrasi mengagumkan. Ada beberapa ilustrator lain, seperti Rina Puspita dan Adrinalia, yang selalu saya kagumi karya ilustrasinya. Seperti ketiga ilustrator yang saya ceritakan, ilustrasi mereka pun dapat menjadi inspirasi.

Oh iya, ada sebuah komunitas yang menaungi para ilustrator di Indonesia. Para ilustrator di atas ini adalah anggotanya. Namanya Komunitas Kelir. Kalian bisa mencarinya di facebook. Kapan-kapan saya akan bercerita tentang mereka. πŸ™‚

love,
A

——————

gambar ilustrasi milik ilustrator yang bersangkutan, diambil dari blog pribadi mereka
Advertisements

One thought on “Finding Illustrators

Leave your traces...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s