[D.I.Y] Corner Bookmark

hasil

Waktunya berkreasi dengan kertas!

Saya selalu membutuhkan pembatas buku saat membaca. Entah kenapa, saya tidak pernah bisa mengingat halaman berapa saya berhenti membaca pada kali sebelumnya. Saya memang pelupa. Seringnya, buku-buku yang saya beli, terutama buku lokal, sudah menyediakan pembatas buku. Tetapi, tidak begitu dengan buku-buku luar, bukan? Dan, saya membaca buku luar sama banyaknya dengan buku lokal.

Untuk pembatas buku, pada awalnya, saya menggunakan apa saja: struk belanja, label pakaian, tisu. Terkadang, kalau ada waktu luang, saya membuat pembatas buku. Kebetulan, saya senang bermain-main dengan kertas dan pita. Nah, pernah juga saya membuat corner bookmark. Itu salah satu pembatas buku yang paling mudah dibuat. Tidak diperlukan banyak bahan dan hiasan.

Yang kita perlukan untuk membuat corner bookmark hanyalah kertas berukuran 10x10cm atau 15x15cm dan sedikit lem (itu pun bukan keharusan). Kertas apa saja. Kertas origami, koran, atau lembar majalah lama yang warnanya kita sukai.

kertas

Lalu, ikuti langkah-langkah ini:

corner bookmark 1

1. Lipat kertas menjadi segitiga. Buka lipatan, lalu lakukan hal yang sama tetapi dari arah yang berlawanan. Setelahnya, kertasmu akan memiliki dua lipatan yang bersilang.

2. Lipat kertas sekali lagi. Kali ini, menjadi persegi panjang. Lalu, buka kembali lipatan.

3. Sekarang, tekuk kedua ujung kertas ke dalam hingga bentuknya seperti dua limas segitiga yang berdempetan. Lipatan-lipatan tadi akan membantumu.

4. Terakhir, lem celah yang ada di kedua sisi. Ini bukan keharusan. Nah, corner bookmark siap dipakai. Selipkan corner bookmark di sudut lembar bukumu.

Itu tadi adalah cara membuat basic corner bookmark. Kalau mau, kamu bisa berkreasi lebih agar corner bookmark kelihatan lebih menarik.

corner bookmark 2

Setelah basic corner bookmark jadi, jangan lem kedua sisinya. Buatlah dua lipatan di tengah salah satu muka. Atau, buat lebih banyak lipatan sehingga corner bookmark menyerupai mahkota seperti di gambar berikut. Untuk corner bookmark di gambar berikut, kamu membutuhkan kertas yang ukurannya cukup besar, paling tidak 15x15cm. Gunakan kertas yang tipis dan memiliki warna berbeda di kedua permukaannya.

corner bookmark 3_edit

1. Setelah basic corner bookmark jadi, buatlah dua lipatan berbentuk huruf “v” di salah satu muka (muka depan).

2. Lipat kaki segitiga di muka belakang ke dua sisi, lalu tekuk permukaan bagian dalam ke luar. Setelahnya, kamu akan mendapatkan lipatan yang berbeda warna di atas lipatan berbentuk huruf “v” sebelumnya. Lakukan hal yang sama untuk kaki segitiga yang lain.

Ada banyak cara, sebenarnya, untuk membuat corner bookmark. Tiga yang tadi memakai bentuk dasar segitiga. Yang berikut ini berbentuk dasar layang-layang. Untuk membuatnya, kamu membutuhkan kertas yang ukurannya cukup besar, paling tidak 15x15cm.

corner bookmark 4

1. Lipat kertas menjadi segitiga.

2. Lipat kedua kaki segitiga dan rapatkan di tengah sehingga muncul bentuk layang-layang. Setelah itu, bukan lipatan.

3. Tarik ujung atas segitiga ke bawah, lipat.

4. Ulangi langkah nomor dua. Lipat kedua kaki segitiga dan rapatkan di tengah sehingga muncul bentuk layang-layang.

5. Selipkan kedua hasil lipatan ke bagian dalam, sehingga muka depan berbentuk segitiga (sementara muka belakang tetap berbentuk layang-layang). Corner bookmark sudah jadi dan siap menghiasi bukumu.

thumbnail

Mudah, bukan? Selamat mencoba!

Kiss,
W

Advertisements

12 thoughts on “[D.I.Y] Corner Bookmark

Leave your traces...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s