Mengintip Ilustrator Indonesia

Screen Shot 2015-03-30 at 8.02.32 AM

Lagi-lagi saya ingin membahas tentang ilustrator πŸ™‚

Pada satu siang seseorang membagi link sebuah website di linimasa facebook. Sebuah website yang baru berdiri, berisikan kumpulan ilustrasi-ilustrasi lokal. Sebagai seseorang yang senang dengan ilustrasi, terlebih dalam pekerjaan yang juga menuntut untuk up to date mengenai ilustrasi-ilutrasi lokal, saya langsung berkunjung.

Dalam website tersebut saya menemukan kumpulan ilustrator yang memajang karyanya. Mungkin, seperti DeviantArt atau Behance, namun semua adalah ilustrator Indonesia. Penasaran, saya langsung menghubungi salah satu pendiri yang namanya tercantum dalam website, Evelline Andrya.

Ternyata website yang bernama Ilustrator Indonesia ini adalah komunitas ilustrator freelance yang bermula dari group Freelance Illustrators of Indonesia di Facebook yang Evelline dirikan sekitar tahun 2011 silam. Tujuan Evelline dan tim membuat Ilustrator Indonesia ini adalah untuk mengumpulkan ilustrator freelance di Indonesia dalam suatu wadah untuk saling bertukar ilmu dan informasi seputarΒ  dunia ilustrasi. Visi mereka sejak membuat grup di Facebook saat itu memang untuk membuat website khusus yang menampung daftar ilustrator freelance di Indonesia sesuai kategori masing-masing, semacam direktori ilustrator. Komunitas ini non-profit dan didukung secara sukarela oleh beberapa volunteer yang peduli dengan dunia ilustrasi freelance dan permasalahannya.

Para pendiri website ini berharap wadah ini dapat menjadi jalan untuk diterapkannya standar profesionalitas baru bagi calon ilustrator freelance berikutnya, juga sebagai media pembelajaran bahwa dunia ilustrasi sangat luas dan beragam dari bidang kerja, style, dan media ilustrasi. Supaya ke depannya, karya-karya para ilustrator lebih dihargai lagi khususnya di Indonesia. Saya sendiri mempunyai harapan yang sama untuk para ilustrator Indonesia.

Lalu saya bertanya pada Evelline, mungkin nggak website ini berkembang menjadi sebuah agensi ilustrator. Karena sepengetahuan saya, para ilustrator di luar Indonesia hampir semua bernaung dalam suatu agensi, sehingga ilustrator tersebut tinggal berfokus pada karyanya dan selebihnya akan ditangani oleh sang agen. Namun, menurut Evelline, untuk pasar Indonesia, teman-teman ilustrator freelance belum memerlukan agensi, karena tarif ilustrator di sini masih sangat rendah dan susah sekali memenangkan nego harga yang tinggi karena banyak sekali ilustrator lain yang masih mau dibayar murah, jadi kasihan kalau harus dipotong 25%-30% untuk agensi. Jadi tujuan utama website ini memang sebagai sumber tukar informasi seputar dunia ilustrasi. Tujuan kanal direktori di dalam website tersebut, selain agar teman-teman ilustrator mudah ditemukan oleh perusahaan kreatif, juga sebagai media pembelajaran bagi calon ilustrator-ilustrator masa depan bahwa ilustrasi itu bukan melulu tentang komik dan kartun, tapi sangat banyak sekali bidangnya.

Screen Shot 2015-03-28 at 12.15.23 PM Screen Shot 2015-03-28 at 12.19.17 PM Screen Shot 2015-03-28 at 12.19.23 PM Screen Shot 2015-03-28 at 12.19.36 PM

Untuk saat ini, website Ilustrator Indonesia memiliki blog yang berisi berbagai macam artikel, dari Ngintip Studio, reportase event ilustrasi di dalam dan luar negeri, ada juga wacana tentang ilustrasi. Blog ini masih terus dikembangkan agar isinya lebih bermanfaat bagi teman-teman ilustrator. Selain blog, ada juga direktori event ilustrasi di dalam dan luar negeri. Namun untuk direktori event ini, baru terkumpul direktori event untuk ilustrator buku anak, seperti kompetisi dan pameran internasional yang bisa diikuti teman-teman ilustrator.

Nah, buat teman-teman ilustrator yang ingin bergabung dalam komunitas ini bisa membaca syaratnya dalam website, pastinya adalah teman-teman yang berprofesi sebagai ilustrator yang aktif menerima pekerjaan freelance dan punya online portfolio yang berisi karya-karyanya yang masuk kategori layak jual.

Mereka juga terbuka, lho, untuk bekerja sama dalam suatu event atau proyek. Silahkan menghubungi nomor atau email yang tertera dalam website, atau mengisi contact form.

Sebenarnya saya ingin melanjutkan cerita tentang Evelline. Saat berusaha menghubunginya, saya melihat hasil karya Evelline di website pribadinya dan langsung menyukainya. Tapi, saya ceritakan obrolan saya dengan Evelline di postingan berikutnya saja, ya πŸ˜‰

Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman ilustrator di Indonesia dan mereka yang ingin bekerja sama dengan para ilustrator dan tidak tahu harus mencari ke mana.

love,
A

————————-

*Semua gambar yang tercantum dalam artikel ini adalah hak milik website Ilustrator Indonesia.
Advertisements

One thought on “Mengintip Ilustrator Indonesia

Leave your traces...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s