Knacker

Knacker 1

Inspirasi bisa datang dari mana saja–atau siapa saja. Bahkan, dari mereka yang jauh lebih muda, yang seringnya tidak diperhitungkan.

Beberapa waktu lalu, saya mendapat kiriman majalah bernama Knacker. Penampilannya tidak terlalu istimewa, sebenarnya. Saya tidak langsung menyadari bahwa itu adalah majalah. Ukurannya A5 dan desainnya terlalu sederhana. Tata letak isinya pun mentah. Tetapi, setelah membaca apa yang ditulis dalam majalah itu, saya cukup kagum. Wow, pikir saya.

Knacker dibuat oleh tiga remaja yang masih duduk di bangku sekolah menengah. Oke, anak sekolahan membuat majalah bukan hal hebat. Kecuali, jika mereka membahas seni. Ya. Knacker adalah majalah seni. Karena itu, tadi saya berpikir, Wow. Baru kali ini saya menemukan yang demikian. Bahkan, tidak banyak orang dewasa yang membaca majalah seni–apalagi membuatnya.

Nah, apa yang dibahas oleh remaja saat mereka membahas seni? Seni kontemporer di kalangan mereka. Knacker memperkenalkan seniman-seniman muda dan karya-karya mereka lewat wawancara dan dokumentasi. Mereka juga meliput pameran, pertunjukan teater, dan acara musik.

Knacker 3 Knacker 2

Selain dalam bentuk majalah, Knacker aktif berbagi inspirasi lewat situs. Di sana, mereka membuka kesempatan bagi siapa saja untuk berkontribusi. Siapa saja bisa memperkenalkan karyanya–atau karya-karya seniman tertentu; karya visual, foto esai, prosa, puisi, musik.

kn-magdotcom

Sungguh menyegarkan. Sesuatu yang, menurut saya, perlu mendapat perhatian. Lewat Knacker, kita bisa mengetahui seni dalam pandangan remaja Indonesia. Tetapi, yang paling mengesankan adalah kepedulian mereka terhadap seni. Saat ini, mereka memang lebih banyak mendokumentasikan, tetapi semoga nantinya mereka juga berani menyuarakan pemikiran mereka mengenai seni–barangkali lewat esai.

Kiss,
Windry

Advertisements

2 thoughts on “Knacker

Leave your traces...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s